8b_Materi Pelajaran Semester Ganjil Kelas VIII
Salam sobat jumpa lagi dengan saya,Putri niamaulida kali ini saya menulis tentang Materi Pelajaran Semester Ganjil Kelas VIII.
#Berpikir Komputasional
A.Fungsi
B.Himpunan dan Sistem Bilangan
1.Himpunan
2.Sistem Bilangan
a.Ilustrasi Sistem Bilangan
1.)Timbangan Digital
2.)Tas,dan Logam Mulia Batang
3.Analisis Soal Tas dan Logam Mulia Batang dan katanya dengan Timbangan Digital
B.Konversi Bilangan Desimal Menjadi Bilangan Biner dan Oktal
1.)Konversi ke Bilangan Biner
2.)Konversi ke Bilangan Oktal
C.Konversi Bilangan Biner dan Oktal Menjadi Bilangan Desimal
1.) Konversi Bilangan Biner Menjadi Bilangan Desimal
2.) Konversi Bilangan Oktal Menjadi Bilangan Desimal
C.Algoritma
D.Struktur Data
#Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.Objek Aplikasi
2.Finter Aplikasi
a.Antara Muka Aplikasi
b.Filter cut,copy,dan paste
c.Screen Shoot dan Snipping Tool6
3.Studi,kasus:analisis objek dan fitur aplikasi pengolah kata analisis/bedah aplikasi pengolah kata
A.Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi
B.Pembuatan Laporan
C.Merangkum Narasi dari Konter Digital
D.Laboratium Maya Sejarah
1.Laboratium,Maya Phet
2.NOVA Labs
3.The concord consartium
Konversi Blangen Biner dan Oktal dedi Bilangan Desimal
1) Konversi Bilangan Dinar Menjadi Bilangan Desimal 2)
Kanversi Bilangan Oktal Menjadi Bilangan Desima
C. Algoritma Struktur Date
Bab 4 Sistem Komputer.
A. Kampenen Sistem Komputer.
VI
1. Perangkat Keras (Hardware).
2. Perangkat Lunak (Software)
a. Sistem Operasi.
b. Perangkat Lunak Aplikasi
c. Perangkat Lunak Pemrograman.
8. Pengalamatan Memori
1. Sistem Heksadesimal...
2. Pengalamatan Memori dengan Heksadesimal..
C. Central Processing Unit.
Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet.
A. Jaringan Komputer
1. Jaringan Lokal
2. Jaringan Internetnet
3. Konfigurasi Jaringan Komputer
4. Routing pada Jaringan Komputer
R Komunikasi Data pada Punsel.
D. Terhubung ke Internet dengan Aman
1. Web Phishing
2. Setting Keamanan pada Browser
Bab 6 Analisis Data.
A Pencarian Osta.
1.Pencarian Data dengan Fungsi Lookup
2. Pencarian Data dengan Fungsi Reference
B. Visualisasi Data
C. Peringkasan Data.
1. SUMIFS dan COUNTIFS
2. Pivot Table Saru Dimensi
3. Pivot Table Dua Dimensi.
D. Pengelolaan Data
E Studi Kasus
1. Tantangan Pencarian Data
2. Tantangan Peringkasan dan Visualisasi Data.
3. Tantangan Pengelolaan Data
Bab 7 Algoritma Pemrograman.
A Eksplorasi Lanjutan Scratch.
1. Kode Control, Input, dan Variable
2. Kode Custom Block
B. Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze
C. Eksplorasi Blockly Games Music
D. Eksplorasi Sprites dengan Blockly.
E Pengenalan Pemrograman Prosedural.
1. Variabel
2. Percabangan
3. Pengulangan.
F. Modul Tambahan Bermain dengan Robot Ozobot.
Bab 8 Dampak Sosial Informatika.
A. Media Sosial.
1. Klasifikasi Media Sosial
2. Dampak media sosial
R Mengkaji Kritis Informasi Media Sosial
1. Mengembangkan Pemikiran Kritis 2. Memeriksa Sumber Informasi
3. Melakukan Check and Recheck dari Liputan Lain
4. Cek Validitas Gambar
5. Gunakan Akal Sehat
C. Cyberbullying
1. Perlakuan Cyberbullying.
2. Tanya Jawah Seputar Perundungan Dunia Maya.
a. Bagaimana menentukan seseorang sedang dirundong atau masih dalam konteks bercanda?. b. apa yang dapat diakibatkan oleh perundungan dunia maya?.
c. Bagaimana jika kalian dan teman kalian menjadi korban cyberbullying?
d. Bagaimana kita menghentikan cyberbullying tanpa menghindari akses ke internet?.
e. Bagaimana cara mencegah informasi pribadi agar tidak digunakan untuk memanipulasi atau mempermalukan kita di media sosial?.
Bab 9 Praktik Lintas Bidang.
A. Media Interaktif Lempeng Bumi.
1. Media Interaktif Lempeng Bumi.
2. Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia
B. Mesin Hitung Uang Koin
C. Modifikasi Tampilan Mesin Hitung Uang Koin.
GLOSARIUM
DAFTAR PUSTAKA
SUMBER GAMBAR
INDEKS
PROFIL PENULIS
PROFIL PENYUNTING
PROFIL ILUSTRATOR
Demikian tulisan yang saya sampaikan mohon maaf apabila ada salah/kekurangan🙏🏻🙏🏻.
Komentar
Posting Komentar